Google

Startup

Selamat datang di webnya insinyur agak-agak tuli.
Terima kasih banyak Anda telah meluangkan waktu untuk berkunjung.

Rotating Engineer adalah titel profesi seorang insinyur teknik mesin dengan spesialisasi keahlian di bidang mesin-mesin berputar, misalnya turbin gas, kompresor sentrifugal, pompa sentrifugal, screw compressor, reciprocating engine, dan fin fan cooler. Seorang Rotating Engineer bertanggung jawab untuk membuat agar mesin-mesin itu dapat beroperasi dengan baik dan benar.

Blog ini berisi hal-hal yang berkaitan dengan profesi seorang Rotating Engineer. Isinya diambil dari pengalaman sehari-hari, berbagai sumber referensi, dan opini pribadi saya. Topik-topiknya dapat dilihat dengan meng-klik nama bulan yang ada di kotak "ARTIKEL" di sebelah kiri.

Diharapkan dari blog ini pembaca dapat mengambil manfaat yang sebanyak-banyaknya. Pertanyaan, diskusi, dan saran sangat saya harapkan. Bisa kontak ke saya di: rotatingengineer@gmail.com.

DISCLAIMER
Saya tidak bertanggung jawab atas segala akibat yang terjadi karena blog ini. Blog ini hanya berisi opini dan pengalaman pribadi saya saja.

Sekali lagi: terima kasih banyak.
wasalam


Kamis, 13 Desember 2007

Mengapa Rotating Engineer?

Ada beberapa hal mengapa saya namakan blog ini Rotating Engineer.
Profesi saya adalah seorang Rotating Engineer. Dulu bisa sampai jadi berkecimpung di bidang Rotating Equipment karena sudah takdir. Nggak sengaja. Sudah diatur oleh-Nya. Semasa kuliah dulu saya mengambil spesialisasi Teknik Manufaktur, tugas akhir di bidang Robotika. Karena kelamaan ngerjain tugas akhir di kampus, hampir setahun, teman-teman yang sudah pada kerja kadang berkunjung ke kampus. Nah, saya ketemu temen yang sudah kerja karena lulus duluan. Dia ngasi tahu bahwa ada lowongan di tempatnya bekerja. Iseng-iseng saya ngedaftar. Akhirnya tentu dapat Anda tebak, diterima.

Di masa-masa awal kerja terus terang saya sangat awam dengan tugas-tugas di dunia Rotating Equipment, misalnya: condition monitoring program, vibration analysis, lube oil analysis, commissioning, alignment, troubleshooting, pompa, kompressor, dll. Dengan adanya training, tanya sana-sini, baca-baca buku, kepepet, akhirnya alhamdulillah dapatlah saya ngikutin ritme dan alur kerja sebagai Rotating Engineer.

Saya tidak ingin putra-putri Indonesia lainnya mengalami hal seradak-seruduk seperti saya di awal-awal masa kerja dulu, saya ingin adanya percepatan pembelajaran. Apalagi persaingan kerja semakin ketat, globalisasi. Serbuan insinyur-insinyur india, malaysia, singapur, thailand, bahkan cina.

Bidang Rotating Equipment bagi saya memang sangat sangat menyenangkan, mungkin karena cocok dengan hobi saya. Terlepas dari hobi atau tidak, bidang ini sangat menantang, menarik, dan menggiurkan. Mengapa? Mungkin nanti dapat Anda pahami dari artikel-artikel yang ada di sini.

trims.
wass

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Terima kasih atas tujuan mulianya mas...

Saya rasa blog ini bisa sangat berguna. Terutama untuk saya yang baru akan menjalani role sebagai mechanical engineer (spesialisasi ke rotating) Januari nanti.

Sukses selalu...

Regards,
Gary
nurcholisgary.akbar@se1.bp.com