Google

Startup

Selamat datang di webnya insinyur agak-agak tuli.
Terima kasih banyak Anda telah meluangkan waktu untuk berkunjung.

Rotating Engineer adalah titel profesi seorang insinyur teknik mesin dengan spesialisasi keahlian di bidang mesin-mesin berputar, misalnya turbin gas, kompresor sentrifugal, pompa sentrifugal, screw compressor, reciprocating engine, dan fin fan cooler. Seorang Rotating Engineer bertanggung jawab untuk membuat agar mesin-mesin itu dapat beroperasi dengan baik dan benar.

Blog ini berisi hal-hal yang berkaitan dengan profesi seorang Rotating Engineer. Isinya diambil dari pengalaman sehari-hari, berbagai sumber referensi, dan opini pribadi saya. Topik-topiknya dapat dilihat dengan meng-klik nama bulan yang ada di kotak "ARTIKEL" di sebelah kiri.

Diharapkan dari blog ini pembaca dapat mengambil manfaat yang sebanyak-banyaknya. Pertanyaan, diskusi, dan saran sangat saya harapkan. Bisa kontak ke saya di: rotatingengineer@gmail.com.

DISCLAIMER
Saya tidak bertanggung jawab atas segala akibat yang terjadi karena blog ini. Blog ini hanya berisi opini dan pengalaman pribadi saya saja.

Sekali lagi: terima kasih banyak.
wasalam


Jumat, 11 Januari 2008

Panduan Singkat Mencari Penyebab Kerusakan Mobil Bensin Berdasarkan Gejala yang Timbul (yg berhubungan dg fuel, emisi, & engine management system)

Troubleshooting mungkin dapat diartikan secara bebas sebagai mencari sebab permasalahan.
Berikut ini adalah panduan troubleshooting permasalahan pada mobil bensin berdasarkan gejala-gejala yang timbul. Panduan ini dibuat khusus untuk mobil yang memakai engine management system. Namun, bisa juga Anda gunakan untuk mobil-mobil konvensional sebagai panduan umum. Bedanya, mobil konvensional tidak memiliki sensor-sensor ataupun ada yang tidak memakai fuel injektor, melainkan memakai karburator.

MAP = Manifold Absolute Pressure
MAF = Manifold Air Flow
EGR = Exhaust Gas Regulator
TPS = Throttle Position Sensor
IAC = Idlespeed Control


Engine noise
- Hiss (bunyi mendesis) – vacuum leaks
- Adanya loncatan busur api atau Electrical arching (snapping noise)

Engine mau distart tetapi engine tidak mau hidup
- charcoal canister full of fuel
- faulty MAP, MAF, or coolant sensor or circuit
- EGR valve stuck open
- Faulty canister vent valve
- Fuel pressure lack
- Fuel empty
- Water in fuel
- Aki soak (putaran starter pelan/lemah)
- Busi kotor
- Severe vacuum leak
- Injektor mampet
- Sirkuit start rusak
- Faulty air flow sensor
- IAC valve defective

Engine sulit hidup – dingin
- Leaking injectors

Engine sulit hidup – panas
- Aki soak
- Air filter sumbat
- Defective coolant sensor/circuit
- Defective intake air temperature sensor/circuit
- Defective MAP or MAF
- Faulty TPS or circuit
- Aki kotor
- Ground jelek
- Busi kotor
- Fuel pressure
- Air flow sensor faulty
- PCV valve stuck open
- Vacuum/air leak

Engine hidup tetapi tidak mau jalan
- Faulty canister vent valve
- EGR stuck open
- Coil & alternator loose
- Intake manifold vacuum leaks
- Airflow kurang

Engine “lopes” idle, rough, erratic
- Air filter clogged
- Throttle plate/bore kotor
- EGR
- Vacuum leak
- Air leak in intake duct/manifold
- IAC
- Lean injector
- Rich injector
- Fuel pump
- Cold only = PCV stuk
- Warm only = TPS or MAF

Engine mati saat langsam/idle.
- Busi kotor/gap
- Kabel busi
- EGR valve
- Fuel filter/line
- Vacuum leak
- Incorrect timing
- Kompresi silinde low/sinjal

Excessive idle speed
- vacuum leak
- throttle linkage macet

Engine misses throughout driving speed range
- Fuel filter kotor
- Fuel pump pressure
- Busi
- Kabel busi
- Kompresi piston lemah
- Ignition system
- Vacuum leak
- Lean injector

Hesitation/stumbles/stalls kalau pedal gas diinjak/ditekan untuk akselerasi.
- Busi kotor
- Fuel filter
- TPS
- Air temperature sensor
- MAP
- Air leak di manifold
- MAF
- Throttle plate/bore kotor
- Ignition coil/kabel
- Fuel pump pressure
- Fuel injektor

Engine lack power/sluggish performance
- Air filter mampet
- Exhaust mampet
- Vacuum leak
- EGR valve stuck open
- MAP
- Busi gap
- Fuel filter
- Vacuum leak
- Injektor

Stall on decal/coming to a quick stop
- EGR valve stuck/leakage around base
- TPS
- Idle air control valve malfunction
- Fuel filter
- Gap busi
- Vacuum leak

Surging at steady speed
- Air filter
- Vacuum leak
- Air leak
- EGR valve stuck/leak at base
- O2 sensor
- TPS
- MAF, MAP
- Loose fuel injector connector
- TCC (torque converter connector)
- Fuel pressure, pump
- Lean injector
- Defective computer/information sensor

Engine tidak mau mati (diesel/runs on) saat kunci kontak di-off-kan atau idle speednya terlalu tinggi
- vacuum leak
- EGR Valve
- Excessive engine operation temperature, overheating
- Incorrect spark plug selection

Engine "nembak" /Back firing (baik dari intake dan/atau exhaust)
- vacuum leak di PCV or canister purgeline
- vacuum leak at fuel injector, intake manifold air control valve or vacuum line
- Faulty secondary ignition system (busi retak, kabel)
- EGR
- Emission control system
- Faulty air valve
- Valve clearance
- Damaged valve spring, sticking, burned check by vacuum gage

Bensin boros
- air filter mampet
- PCV
- O2 sensor
- Timing
- Fuel leak
- Injector worn/damage
- Rem mampet
- Ban kempes/kurang angin

Detonasi (spark knock)
- EGR valve inoperative
- Vacuum leak
- Busi
- Knck sensor
- Fuel quality

Exhaust banyak asapnya
- Black (rich): air filter, intake duct mampet, O2 sensor
- Blue (burning oil): PCV valve stuck, PCV filter
- Brown/yellow (lean): fuel filter, lean injector

Bau bensin
- tank overfilled
- tank cap gasket
- lines leaking
- injector stuck open
- injector leak internally
- injector leak externally
- EVAP canister filter in EEC mampet
- Vapor leaks from Evaporative Emission Control System lines


Beberapa Tools yang sangat baik untuk dimiliki karena akan sangat membantu dalam troubleshooting:

- stetoskop khusus otomotif (ujungnya yang ditempelkan berbentuk panjang seperti tubing, sedangkan yang punya dokter, yang ditempelkan berbentuk bulat)
- Analyzer
- Vacuum gage
- termometer laser
- timing light
- power cylinder pessure gage

trims

6 komentar:

Anonim mengatakan...

mas tau cara kerja ECU gak? mau belajar untuk naikkan rpm...atau mau ngakali sensor mobil, tolong ya mas?

ROTATING ENGINEER mengatakan...

Tipe mobilnya apa?

Anonim mengatakan...

oli yg di pakai buat supercharge SC14 milik toyota MR-4AGZE ukuran/sae dan mereknya apa yg paling cocok dan pas serta heavy duty?? dan belinya di mana?? di toko oli atau toko compressor?? ada yg ksh info pake SAE 90 or oil AC compressor..oli 10

mohon info yg pastinya...

terima kasih atas bantuanya....

ROTATING ENGINEER mengatakan...

Toyota supercharger oil, Toyota part number 08885-80108

megan mengatakan...

Mas, mobil saya Aveo LT, kalau jalan menanjak tenaga langsung kurang, mesti pindah gigi 1, itu juga terkadang tenaga seperti hilang. Untuk filter bensin dan filter udara sudah saya ganti. Kalau jalan lurus performa masih OK. Kira kira apa ya mas, mohon pencerahan. Trim sebelumnya

ROTATING ENGINEER mengatakan...

Pak Megan,coba cek selang-selang vakum yg di ruang mesin siapa tahu ada yg kendor atau lepas.
terima kasih.