WARNING!!!
Gambar, foto, tata letak, dan tulisan ini adalah hak milik penulis dan tidak boleh diperbanyak tanpa seijinnya, kecuali hardcopy utk pemakaian pribadi yang bukan bertujuan komersial. Penulis tidak bertanggung jawab terhadap kecelakaan, musibah, ataupun segala macam bentuk kerugian yang dikarenakan membaca atau pun mengikuti tulisan artikel ini.
SEBELUM BEKERJA:
BACALAH BASMALLAH,
PAKAI PPE YANG BENAR,AKTIFKAN HAND BRAKE.
Gambar, foto, tata letak, dan tulisan ini adalah hak milik penulis dan tidak boleh diperbanyak tanpa seijinnya, kecuali hardcopy utk pemakaian pribadi yang bukan bertujuan komersial. Penulis tidak bertanggung jawab terhadap kecelakaan, musibah, ataupun segala macam bentuk kerugian yang dikarenakan membaca atau pun mengikuti tulisan artikel ini.
SEBELUM BEKERJA:
BACALAH BASMALLAH,
PAKAI PPE YANG BENAR,AKTIFKAN HAND BRAKE.
I. Background
During driving “ngik-ngik” sound heard from front wheel, steering wheel sagging and vibrating.
II. Manual
From various references.
III. Spare Parts
1. Outer Wheel Bearing
MB P/N = 008.981.59.05
Generic P/N = LM503349+LM503310
Qty = 1 set
Made in = SKF - Germany
1. Outer Wheel Bearing
MB P/N = 008.981.59.05
Generic P/N = LM503349+LM503310
Qty = 1 set
Made in = SKF - Germany
2. Inner Wheel Bearing
MB P/N = 008.981.62.05
Generic P/N = LM300849+LM300811
Qty = 1 set
Made in = SKF - Germany
MB P/N = 008.981.62.05
Generic P/N = LM300849+LM300811
Qty = 1 set
Made in = SKF - Germany
3. Outer Bearing Seal
MB P/N = 007.997.04.47
Generic P/N = 27725
Qty = 1 ea
4. Inner Bearing Seal
MB P/N = 007.997.03.47
Generic P/N = 22834
Qty = 1 ea
5. King Pin Bearing
MB P/N = 000.981.59.05
Generic P/N = LM11949+LM11910
Qty = 2 set
Made in = Timken - USA
6. King Pin Seal
MB P/N = 460.997.00.40
Generic P/N = N/A
Qty = 2 ea
7. King Pin Cap
MB P/N = 460.332.00.33
Generic P/N = N/A
Qty = 2 ea
8. Paper Gasket
MB P/N = 460.331.00.80
Generic P/N = N/A
Qty = 1 ea
(Replaced with Loctite Grey)
MB P/N = 460.997.00.40
Generic P/N = N/A
Qty = 2 ea
7. King Pin Cap
MB P/N = 460.332.00.33
Generic P/N = N/A
Qty = 2 ea
8. Paper Gasket
MB P/N = 460.331.00.80
Generic P/N = N/A
Qty = 1 ea
(Replaced with Loctite Grey)
9. Swipe Seal
MB P/N = 460.331.01.80
Generic P/N = N/A
Qty = 1 ea
10. Lock washer
MB P/N = 460.994.00.12
Generic P/N = N/A
Qty = 1 ea
11. Plastic seal for wheel hub.
Made from From Baby milk formula tin cover
MB P/N = 460.331.01.80
Generic P/N = N/A
Qty = 1 ea
10. Lock washer
MB P/N = 460.994.00.12
Generic P/N = N/A
Qty = 1 ea
11. Plastic seal for wheel hub.
Made from From Baby milk formula tin cover
12. WD40
13. MB Wheel Bearing Grease
Qty = 2 tubes @150 gram
13. MB Wheel Bearing Grease
Qty = 2 tubes @150 gram
14. Shell EP Grease 800 gr (one can)
15. Silicon Nipple for Wide Neck Nurser
Qty = 1 ea
Qty = 1 ea
IV. Tools
o Torque wrench – Britool = 50 – 250 N.m
o Ring wrench = 13 mm, 20 mm, 22 mm
o Open wrench = 18 mm, 19 mm, 20 mm, 22 mm
o Socket Wrench = 27 mm, 24 mm, 22 mm, 20 mm, 19 mm,
o Pliers
Gambar 4.1. Some tools
o Hammer
o Chisel
o Drip
o Grease Pump
o Wooden Block
o Newspaper
o Tissue
o Cloth
o Rubber Hand gloves
o Leather Hand gloves
o Multi tools
o Long pipe
o Impact screwdriver
o Puller tracker
o Wire brush Kuningan kecil/sikat gigi bekas.
o Lampu senter
o Pembuka ban sepeda motor
V. Working Description
Sebelum kita memulai mengganti bearing roda depan, sebagai ilustrasi awal berikut ini adalah gambar tampak dalam susunan komponen roda depan Mercedes Gelandewagen 280GE:
Sebelum kita memulai mengganti bearing roda depan, sebagai ilustrasi awal berikut ini adalah gambar tampak dalam susunan komponen roda depan Mercedes Gelandewagen 280GE:
Gambar 5.1. Susunan komponen roda depan 280 GE
Berikut adalah tahap-tahap urutan pekerjaan yang dilakukan untuk mengganti bearing roda depan Gelandewagen 280GE.
Alas dongkrak dan jack stand dengan lebaran triplek agar lantai tidak rusak.
2. Kendurkan semua wheel lug bolt dengan kunci socket dan dibantu dengan pipa.
bawah gardan.
Sebelum mulai mendongkrak, putar baut dongkrak searah thawaf sehingga baut itu bergerak naik sebanyak 3-4 ulir. Hal ini berguna utk memudahkan kita mengeluarkan dongkrak dari bawah garden saat selesai. Jack stand berfungsi sebagai pengaman cadangan jika dongkrak gagal berfungsi saat kita sedang bekerja. Jika ada dongkrak buaya bisa dipasang juga sbg pengaman.
wheel spacer.
Lumasi baut wheel spacer dengan WD40 untuk mempermudah membukanya dan mencegah ulir baut rusak/dol.
berseberangan sekitar 180 derajat. Posiskan balok kayu sedemikian hingga saat kita memutar socket wrench wheel hub tidak ikut berbutar.
WARNING!
HATI-HATI SAAT MEMUTAR BAUT SPACER YANG KERAS JANGAN SAMPAI MENYEBABKAN DUDUKAN DONGKRAK TERPELESET.
rem depan dengan WD40. Kendurkan dengan kunci ring 22 mm (atas) dan 20 mm (bawah)
Ini akan memberikan keluwesan bagi tubing rem saat kita membuka hose fitting rem dan rumah caliper.
Ikat caliper dengan tali atau kawat yang kuat.
Jangan sampai hose rem patah, peyot, atau bocor.
cakram setelah kalipernya dilepas.
Sebelum ngetok, periksa dulu arah setelan kunci ketok, harus setelan mutar tawaf (ngendurkan).
Hati-hati jangan sampai kepala bautnya hancur/rusak.
Congkel secara bertahap dari 2 atau 3 sisi yang berseberangan.
dan perhatikan bibir cap apakah masih
bagus dan bisa menutup rapat lubang hub roda.
14. Perhatikan dan ingat urutan susunan slotted hub nut. Buka hub nut dengan terlebih dulu membengkokkan lock washer (mur matahari). Putar nut searah tawaf.
15. Buka king pin atas.
16. Sebelum membuka castle nut tie rod, ganjal rod dengan jack stand. Kendurkan castle nut dan lepaskan tie rod dari arm-nya dengan pembuka tie-rod.
17. Cabut hub roda depan.
18. Keluarkan shaft roda depan dg CV-nya.
19. Kendurkan baut king pin bawah. Cabut swivel housing dengan cara menariknya ke arah serong bawah.
20. Bersihkan swivel ball. Bila perlu gunakan amplas besi halus. Terutama di bagian ball yang akan kontak dengan seal Teflon warna kuning gading (swipe seal).
21. Keluarkan outer race king pin bearing atas bawah dari swivel ball dengan menggunakan kunci soket ukuran 27 mm.
22. Bersihkan shaft roda depan. Terutama di bagian CV joint dari grease yang lama.
23. Bersihkan spline gear dan ulir nut shaft roda dari kotoran dan grease bekas. Gunakan sikat gigi bekas atau wire brush kuningan. Periksa kalau ada yang cacat. Setelah bersih lumasi dengan WD40 atau grease baru atau oli baru.
24. Bersihkan spline gear shaft roda dari kotoran dan grease bekas. Periksa kalau ada yang cacat. Setelah bersih lumasi dengan WD40 atau grease baru atau oli baru.
25. Bersihkan permukaan shaft roda yang kontak dengan cardan oil sealdari kotoran dan grease bekas. Periksa kalau ada yang cacat atau gores. Setelah bersih lumasi dengan WD40 atau grease baru atau oli baru.
26. Bersihkan swivel housing terutama di: bearing seat, seal bearing seat, kingpin bearing seat, lubang baut, grease fill hole, mating surface, dan daerah penampungan grease.
27. Gunakan balok kayu untuk memasang outer wheel bearing outer race ke dalam wheel hub housing. Ketok balok kayu dengan extension bar ½ inch atau martil.
28. Oleskan MB bearing grease secara merata sampai ke sela-sela terdalam sambil diputar-putar, namun jangan berlebihan greasenya.
29.
30. Oleskan Loctite di seal cap agar kedap air, kemudian setelah itu, pasang seal kingpin bearing atas bawah, masukkan outer race king pin bearing. Gunakan rubber mallet/bronze hammer, atau kombinasi antara palu besi dengan balok kayu. Sambil diketok amati bibir outer race masuk sama rata ke swivel ball.
31. Pasang inner bearing seal dengan menggunakan outer race outer bearing sebagai toolnya. Lapisi inner seal dengan kain atau kertas tisu agar tidak cacat dan kotoran dari balok kayu tidak masuk ke seal.
32. Masukkan outer seal ke wheel hub housing dengan menggunakan kepala mandrel. Hati-hati jangan sampai membuat lecet atau rusak karet seal.
33. Oleskan MB bearing grease secara merata sampai ke sela-sela terdalam sambil diputar-putar, namun jangan berlebihan greasenya. Masukkan grease ke rongga/celah antara inner dan outer wheel bearing.
34. Bersihkan CV dari bearing yang lama, kemudian lumasi CV dengan MB grease sampai ke celah-celah terdalam. Masukkan shaft roda depan sambil diputar sampai terasa gear spline-nya masuk ke pasangannya di differensial. Pasang king pin bearing cap.
35. Pasang swivel housing ke cardan. Hati-hati jangan sampai kingpin bearing cap bergeser, sambil dimasukkan kingpin. Saya bukan superman, jadi perlu bantuan dongkrak buaya untuk memposisikan swivel housing-kingpin atas-kingpin bawah.
36. Pasang karet swivel. Arah chamver-nya jangan sampai terbalik. Chamver harus searah dengan bulatan swivel ball.
37. Belahan ring swivel yang berlubang-lubang posisikan di posisi pukul 12. Belahan ring swivel yang diameternya terkecil posisikan di pukul 6. Kencangkan bautnya sampai 20-25 N.m
1. outer gasket/ring swivel terluar
2. gasket kertas (saya ganti dengan Loctite)
2. gasket kertas (saya ganti dengan Loctite)
3. seal karet kuning/ball gasket (full)
4. Inner gasket holder
4. Inner gasket holder
38. Saya gunakan karet dot botol susu anak saya sebagai pengganti rubber cap seal tie rod.
39. Sebelum memasang baut tie rod ke king pin arm, 2 buah baut mounting steering stabilizer/hock absorber harus dilepas dulu agar tie rod arm (warna orange) bisa diangkat sedikit sehingga baut tie rod bisa masuk ke king pin arm. 20-25 N.m. Castle nut 90-100 N.m.
40. Oleskan Loctite sealant di kingpin dan swivel ring.
41. Kencangkan baut kingpin 170-190 N.m.
42. Tambahkan grease ke swivel ball melalui plug sebanyak 800 gram.
43. Masukkan slotted nut ke ulir shaft roda depan. Permukaan slotted nut yang flat/rata menghadap ke luar (pemasang), permukaan yang tirus menghadap ke dalam.Kencangkan slotted nut sampai 200 N.m sambil hub diputar. Ini agar masuknya benar. Kemudian kendurkan slotted nut. Kemudian kencangkan sekencang-kencangnya dengan tangan biasa. Setelah itu, kendurkan sebanyak 1/8 – 1/6 putaran. Cek bearing endplay = 0.02 mm – 0.04 mm.
44. Masukkan lock tab washer ke shaft roda. Alat bantu yang digunakan adalah kunci soket dan martil.
45. Masukkan lock tab washer sampai menyentuh slotted nut secara merata dan rapat.
46. Pasang slotted nut terluar samapai 200 N.m. Bengkokkan tab ke dalam slot dari nut.
47. Beri Loctite sealant agar air tidak masuk ke dalam cap.
48. Pasang wheel cap dengan bantuan balok kayu yang dipukul pakai martil agar masuknya rata dan wheel cap tidak rusak terpukul martil.
49. Pasang kembali cakram rem. Jangan lupa memasang kembali securing bolt cakram dengan obeng ketok. dan caliper rem depan. Hati-hati selang minyak rem jangan sampai bocor atau rusak.
50. Kencangkan mounting bolt caliper rem dengan torsi berikut:
250-280 N.m = M16x1.5190-220 N.m = M14x1.5
250-280 N.m = M16x1.5190-220 N.m = M14x1.5
51. Pasang kembali mounting plate selang rem dengan cara melepas 2 buah baut kingpin. Setelah mounting plate terpasang, kencangkan kembali baut kingpin sampai 170-190 N.m.
52. Pasang kembali klip spring dengan diketok pakai extension wrench.
53. Pasang kembali wheel hub spacer dan bautnya. Torque sampai 185 kg.m. Kencangkan secara berselang seling/loncat 2 baut.
54. Pasang roda ke rotor/hub roda depan.
55. Pasang baut roda, kencangkan dengan tangan Yakinkan permukaan roda terikat dengan rata.
56. Turunkan dongkrak. Torque baut roda bertahap sampai 185 N.m secara bersilangan/loncat 2 baut.
VI. Finding Result
Gambar 6.1.
Broken outer wheel bearing @ rollers
Broken outer wheel bearing @ rollers
Gambar 6.2.Broken roller and outer bearing seal spring ring
Gambar 6.3.Gejala berkarat di wheel cap. Menandakan adanya air.
Gambar 6.4. Broken CV Rubber Boot
Gambar 6.5.Pitting at outer bearing inner race. Bisa jadi diakibatkan karena fatig atau pun karena greasenya mengandung water.
Gambar 6.6.Pitting at outer bearing outer race. Bisa jadi diakibatkan karena fatig atau pun karena greasenya mengandung water.
Gambar 6.7.High temp-overload-lack of lubrication sign at inner bearing outer race.
Gambar 6.8.Odd pattern at inner bearing inner race. Kemungkinan terbentuk saat outer bearing gagal dan terjadi getaran di shaft roda.
Gambar 6.9. Replaced parts
VII. Discussion
Diperlukan kewaspadaan dan cukup waktu untuk melakukan trial run 280GE ini agar kita benar-benar yakin tidak ada lagi kerusakan yang kritikal saat dipakai.
Sejarah riwayat pemakaian (maintenance, kerusakan, dan parts replacement) mobil tidak diketahui karena ini mobil bekas yang telah berumur 20 tahun dan telah berpindah-pindah tangan lebih dari 2 pemilik menyebabkan butuh waktu yang agak panjang untuk trial run. Alhamdulillah selama trial run bisa ketahuan ada getaran dan bunyi aneh dari roda depan.
VIII. Future Advice
Lengkapi tools: mallet karet, drift kuningan, jaw socket untuk slotted nut, mandrel untuk memasang outer bearing seal, dial gage untuk cek endplay. Harus rutin cek grease di roda. Serta steering absorber harus diganti agar saat nyetir tidak terasa getar saat melewati jalan berbatu dan agar komponen steering awet.
2 komentar:
Your blog keeps getting better and better! Your older articles are not as good as newer ones you have a lot more creativity and originality now keep it up!
Thank you very much.
Regards
Posting Komentar